Cara Merawat Operating System Komputer

Hallo sahabat semunya, apakah anda pengguna Operating System Komputer? jika anda adalah salah satu pengguna Operating System yang sering di sebut OS maka dari itu ada berepa hal yang harus kita perhatingan dalam Merawat sebuah Operating Sysetem Komputer atau PC.

Merawat sebuah Operating System Komputer/ PC sangat penting untuk dilakukan supaya kinerja komputer/pc kita selalu maksimal dalam fungsinya.

Bayangkan jika komputer atau PC yang kita gunakan bertahun-tahun tetapi kita tidak pernah merawatnya, saya yakin sebuah komputer tersebut akan terasa berat dan banyak permasalahan-permasalahan yang timbul dari komputer yang kita gunakan.

Hal tersebut mungkin ketidak tauhan kita, karena kita menganggap sebuah Operating System Komputer akan baik-baik saja, walaupun tidak pernah kita rawat.

Ada beberapa Cara Merawat Operating System sebuah Komputer atau PC yang bisa kita gunakan dalam postingan kali ini yang bisa kita jadikan sebagai bahan referensi dalam merawat sebuah komputer atau PC.

Berikut kami sajikan Cara Merawat Operating System Komputer atau PC :


1. Defragment Harddisk

Cara Pertama untuk Merawat sebuah Operating System Komputer atau PC dengan Cara Defragment Harddisk, cara ini yang sering saya lakukan, tetapi cara ini lebih baiknya digunakan secara berkala, misalkan satu minggu sekali atau bisa anda gunakan setiap anda selesai berkerja, tetapi hal ini akan merasa anda bosan.

Jika anda merasa bosan silahkan anda gunakan satu minggu sekali, yang penting anda tidak membiarkan Operating System Komputer atau PC bekerja tanpa ada perawatan.

Kenapa Defragment Harddisk ini dijadikan untuk merawat sebuah Operating System ? 

Mungkin anda bertanya-tanya tentang hal ini, perlu anda ketahui bahwa Harddisk atau Defragment Harddisk ini berfungsi untuk memulihakn system komputer yang sudah dioperasikan artinya sebuah system telah bekerja maka seharusnya system tersebut harus kembali semula dalam keadaan baik dan sempurna.

Ketiaka kita menggunakan sebuah komputer maka system akan bekerja dengan fungsinya masing, maka jika sudah bekerja system tersebut harus kita rawat supaya kembali lagi sesuai dengan fungsinya, dengan demikian kita harus merawatnya dengan cara Defragment Harddisk.

Tested yang saya gunakan pada postingan ini adalah menggunakan Operating System Windows 7, sebenarnya intinya sama saja dengan windows-windows lainnya.

Silahkan Anda buka Start => Accessoris => System Tool => Disk Deframenter, dan kemudian anda kan disuguhkan dengan tampilan seperti gambar di bawah ini :
Gambar : Defragment Harddisk
Dari gambar di atas, terdapat dua partisi pada hardis dan satu terbaca sebagai sytem reserved, dan pada gambar di atas terlihat Defragment disk.

Silahkan Anda Defragment disk yang anda mau, misalkan Drive C ini adalah bagian System Operasi, silahkan anda pilih C kemudian silahkan pilih Defragment Disk, akan mucul seperti gambar di bawah ini :
Gambar : Defragment Disk
Silahkan Anda tunggu sampai selesai untuk melakukan Defragment disk yang anda pilih, jika ingin menghentikan silahkan Stop Operation (ini tidak dianjurkan).

2. Membersihkan Registry

Langkah kedua ini kita kan membersihakn sebuah Registry yang pernah kita lakukan, kenapa harus kita bersihkan Registry tersebut?

Perlu anda ketahui bahwa sebuah Operaing System Komputer atau PC terdapat Hystory yang tidak kita butuhkan lagi, jika hal tersebut kita biarkan saja, maka operating system pun akan terganggu sehingga akan menyebabkan komputer atau pc terasa lambat dalam meresposn.

Adapun cara menggunakannya bisa anda lakukan dengan Cara Klik Start => Run => Ketikan Regedit, kemudian Enter, atau bisa dengan cara silahkan Tekan Logi Windows pada Keyboar bersamaaan dengan menekan huru "R", kemudian silahkan masukan "Regedit".
Gambar : Run
Kemudian akan muncul tampilan Registry Editor, kemudian silahkan anda pilih HKEY_CURREN_USER Kemudian silahkan pilih Console, lebih jelasnya silhkan lihat gambar di bawah ini :
Gambar : Registy Editor
Jika anda kurang memahami hal di atas, silahkan anda Expor/Backup terlebih dahulu dengan cara pilih File => Export. Jika sudah silahkan hapus jika da permasalahan dalam system anda bisa mengembalika ke kesmula dengan cara menginpor kembali.

Sebenarnya Membersihkan Registry ini bisa dilakukan dengan cara menginstal sebuah Aplikasi seperti CCleaner atau TuneUp Utilities yang sudah dirancang untuk membersihkan hal tersebut, jika anda merasa ketakutan dengan langkah di atas, silahkan Install Aplikasi PC CCleaner atau TuneUp Utilities pada Koputer atau PC anda.

3. Membersihkan Junk File

Langkah ketiga ini kita akan Membersihkan Junk File. Junk File ini sebenarnya adalah sebuah sampah yang tersisa di dalam system komputer yang harus kita bersikan supaya komputer kita tidak terancam oleh sampah-sampah yang menumpuk, bayangkan jika komputer kita tidak pernah dibersihkan maka komputer atau PC akan terasa berat dalam lama untuk merespon.

Hal tersebut sebenarnya bisa dilakukan oleh sebuah Aplikasi PC seperti yang saya terangkan pada langkah kedua di atas yaitu Aplikasi PC CCleaner atau TuneUp Utilities.

Tetapi pada Windows 7 terdapat sebuah System yang sudah di rancang untuk membersihkan Membersihkan Junk File dengan Cara Klik Start => Accessories => System Tool => Disk Cleanup. Lebih jelasnya silahkan lihat Gambar di Bawah ini :
Gambar : Disk Cleanup
Silahkan Anda pilih Disk yang anda mau bersihkan Junk Filenya, kemudian silahkan anda pilih OK, dan silahkan anda tunggu sproses pembersihan Junk File pada komputer atau PC anda.

4. Membersihkan Desktop

Langkah ke empat adalah Membersihkan Desktop, perlu anda ketahui bahwa semakin banyak shortut  yang anda simpan maka semakin banyak system operasi yang harus memuatnya.

Dengan demikain alangkah baiknya anda meminumalisir penempatan Shortcup pada Desktop komputer atau PC anda.

Silahkan Anda Gunakan Shortcut yang banyak anda gunakan, dan silahkan hapus apabila shortcu yang tidak dibutuhkan bahkan belum pernah anda gunakan.

5. Pasang Anti Virus

Langkah kelima ini saya rasa anda sudah menggunakannya, tetapi masih banyak penggunakan komputer yang tidak memperhatikan anti virus sebuah komputer atau PC.

Anti virus ini sangat penting anda gunakan tetapi penting juga merawatnya yaitu dengan cara mengUpdatenya, biasanya Anti Virus ini sudah terdapat Menu Update yang bisa anda gunakan, ketika sebuah komputer anda terhubung dengan jaringan internet.

Tujuan dari Update Anti Virus adalah supaya Anti Virus tersebut bekerja dengan maksimal dengan fitur-fitur baru yang disediakan anti virus tersebut.

6. Update Windows

Langkah terakhir ini menurut saya sangat penting untuk dilakukan, karena sebuah system memerlukan Update terbaru untuk kebutuhan perkembangannya.

Tetapi hal ini memerluan sebuah kecepat Internet yang setabil, bahkan mungkin saja Update Operating System ini diperuntukan untuk Operating System Original (Perkiraan Admin), untuk mengetahui hal tersebut silahkan Anda mencoba Update Windows dengan cara Start => Control Panel => System and Scurity => WindowsUpdate. Tampilannya akan seperti gambar berkut :
Gambar : Tampilan Control Panel
Gambar : Update Windows 7
Jika anda melakukan Update Windows, silahkan anda gunakan jaringan stabil agar proses Update berjalan dengan lancar, silahkan tunggu sampai selesai.

Mungkin itulah Cara Merawat Operating System Komputer atau PC yang bisa saya bagikan, semoga bisa membantu dan bermanfaat, jangan lupa Like dan Share kembali artikel ini. Terimakasih


Advertising
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:02:00 PM

1 komentar:

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.